Sabtu, 26 Desember 2009

Berlibur di Kepulauan Seribu (Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulang Karya)

24 Desember 2009, 08.00 WIB. “Nal ngapain liburan, ke pulau seribu yuk, berangkat pukul sembilan, kita dua hari disana”Ajakan Trivan kepadaku. Huh karena belum ada rencana kemana-mana, kuputuskan untuk menerima ajakannya,

Cuaca hari ini, sangat bersahabat, kami bertiga pun berjalan menuju halte bus way ragunan setelah menitipkan motor di kantor. Pukul 10.00 tepat, bus way jalan, tujuan kami adalah halte bus way Kota. Setelah sampai di Kota, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan Bajay [kedua kalinya naik bajai..hohoho] dengan tujuan pelabuhan Muara Angke. Pukul 12.15 sampai di pelabuhan Muara Angke, disana kita bisa lihat banyak kapal besar-besar [namanya juga pelabuhan..hohoho].

Pukul 12.45 kita berangkat, tujuan Pulau Pramuka, kita dapat tempat duduk di atas kapal karena didalam sudah penuh, karena pertama kali naik kapal, sempat jantung ini berdetak kencang saat kapal bergoyang bergelut dengan ombak air laut. Perjalanan Muara Angke- Pulau Pramuka butuh waktu 3 jam,ongkos naik kapal per-orang 30 ribu. Selama perjalalan itu kita bisa melihat para nelayan yang sedang bekerja, ikan-ikan laut, pulau pulau kecil. Kapal berhenti sejenak di Pulau Untung Jawa, untuk menurunkan penumpang. Sebenarnya kalau cuma mau berenang aja cukup di Pulau Untung Jawa, cocok untuk rekreasi keluarga, untuk sampai ke Pulau Untung Jawa ini butuh waktu 1 jam. Perjalanan pun dilanjutkan kembali, ombak laut yang ditemuai mulai besar-besar

Pukul 14.45 akhirnya sampai di pulau Pramuka [duh senangnya..], mulai terlihat air laut yang bening dan terlihat karang didalamnya. Mengapa disebut Pulau Pramuka, karena dulu Pulau ini pernah dipake untuk Jambore Pramuka. Dipulau pramuka ini dapat kita temui tempat penangkaran penyu, tempat menyewa snorkling dan tempat penginapan.

Setelah sholat Ashar, perjalanan kita lanjutkan ke Pulau Panggang, untuk menuju ke pulau tersebut menggunakan perahu ojek antar pulau, ongkos yang dikeluarkan 3 ribu/orang. Dipulau ini sudah padat dengan penduduk. Kita mencari tempat diujung selatan pulau. Dipulau ini kita melihat indahnya sunset, dihiasi dengan bunyi kapal, kepulangan para nelayan. Penduduk disini ramah-ramah, sebagian besar bermata pencahariaan sebagai nelayan, Kita bermalam di kapal nelayan..Asli anginya kenceng banget.

Mengapa disebut Pulau Panggang? Karena di pulau ini dulunya ada tempat untuk membakar bajak laut [sumber :penduduk]..Namun sayang kita tidak bisa melihat sunrise dikarenakan hujan.

Air di didaratan pulau rasanya payau, jadi penduduk untuk minum dalam sehari-hari menggunakan air hujan, namun ada juga membuat sumur dengan kedalaman 300 meter

Pukul 07.00 Kita lanjutkan perjalanan menuju Pulau Karya. Pulau Panggang-Pulau Karya butuh waktu -+ 5 menit, ongkos yang dikelurkan 2 ribu/perorang. Dulunya namanya pulau China karena banyak kuburan China. Di Pulau ini kita dapat snorkling melihat ikan hias, biasanya untuk berenang kita menyewa dulu peralatan snorkling di pulau Pramuka, namun sayang kita lupa untuk menyewa karena berpikir di pulau panggang ada tempat penyewaan, tetapi setelah dicari tidak ada. Untungnya kita bawa kaca mata renang, disini kita bisa berenang melihat keindahan didalam air laut, melihat macam-macam ikan hias dan indahnya karang [ Keren habis deh..hanya satu kata yang terucap "Subhanallah"].


Pukul 10.00 kita balik ke pulau panggang, untuk bersiap-siap Shalat Jumat, dan pukul 13.00 kita pulang ke Jakarta…

•Untuk teman-teman yang mau berlibur di kepulauan seribu, disana banyak warung, jadi ndak usah bawa bekal yang banyak,
•Selamat bersenang-senang deh, Mensyukuri Kebesaran-Nya, banyak pelajaran yang dapat diambil disana.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

wow...boleh dicoba nih..keliatanya seru